Kamis, 27 September 2012

Civics


Bentuk-bentuk usaha pembelaan negara sangat penting untuk menjaminkedaulatan negara, Keutuhan wilayah NKRI dan berbagai ancaman terhadapbangsa. Oleh karena itu setiap warga negara perlu memahami berbagai bentuk usaha pembelaan negara dalam rangka melaksanakan peran serta dalam usaha pembelaan Negara.

Berikut adalah contoh-contoh bentuk Upaya Bela Negara

  1. Upaya Bela Negara terhadap Ancaman Militer
  2. Upaya Bela Negara terhadap Ancaman Penyalahgunaan Narkotika Obat-obatan terlarang (Narkoba)
  3. Upaya Bela Negara terhadap Ancaman KKN
  4. Upaya Bela Negara terhadap Ancaman Kemiskinan
  5. Upaya Bela Negara terhadap Ancaman Kebodohan
  6. Upaya Bela Negara untuk Mengharumkan Nama Bangsa Indonesia di Mata Dunia

Upaya Bela Negara terhadap Ancaman Militer 

Alasan :       Persatuan dan kesatuan harus terus diperkuat dan dikobarkan, karena hanya dengan inilah kita memiliki kekuatan yang luar biasa dalam mengadapi ancaman.

Saran :      Bersatunya pemerintah, TNI-POLRI, dan rakyat, merupakan kekuatan dahsyat dalam menghadapi ancaman militer.

Upaya Bela Negara terhadap Ancaman Penyalahgunaan Narkotika Obat-obatan terlarang (Narkoba)

Alasan :       Generasi muda sebagai penerus bangsa harus di selamatkan dari ancaman ini. Sebab, merekalah harapan bangsa, yang akan menggantikan generasi tua memimpin dan membawa bangsa ini kearah kemajuan. Jika generasi muda hancur, maka hancur pulalah bangsa dan Negara yang telah diperjuangkan para pejuang dengan berbagai pengorbanan yang luar biasa ini.

Saran :           Pemerintah, orang tua dan setiap orang yang dituakan harus memberi contoh dan teladan yang baik melalui setiap tutur kata, sikap dan perilakunya

 Upaya Bela Negara terhadap Ancaman KKN

Alasan :         KKN juga merupakan ancaman bagi bangsa dan Negara. Bukan saja dapat merusak perekonomian Negara, tapi juga merusak moral dan mental bangsa. Oleh sebab itu, KKN juga harus di berantas

Saran :           Pemerintah harus tegas dalam orang-orang yang terlibat KKN. Demikian juga masyarakat, lembaga, perorangan, maupun kelompok masyarakat yang lain harus terus aktif dalam menanamkan semangat anti KKN pada masyarakat.

Upaya Bela Negara terhadap Ancaman Kemiskinan

Alasan :         Kemiskinan harus dibasmi untuk mengimbangi taraf kehidupan rakyat berdasarkan matlamat dan dasar kerajaan bagi melahirkan masyarakat yang produktif seterusnya mengukuhkan ekonomi negara.

Saran :           Itulah sebabnya pemerintah harus berusaha sekuat tenaga untuk memberantas kemiskinan di negeri kita.

 Upaya Bela Negara terhadap Ancaman Kebodohan

Alasan :         Bangsa yang bodoh akan mudah dipermainkan dan diombang-ambingkan oleh bangsa yang pintar (maju). Untuk memberantas kebodohan pemerintah harus menyelenggarakan pendidikan yang baik bagi rakyatnya.

Saran :           Upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan tersebut harus diimbangi dengan upaya yang keras pula dari semua pelaku pendidikan untuk meningkatkan kualitas belajar-mengajarnya.

            Upaya Bela Negara untuk Mengharumkan Nama Bangsa Indonesia di Mata Dunia


Alasan :   Di bidang olahraga, perjuangan tim bulutangkis Indonesia untuk merebut dan mempertahankan piala Thomas, Uber, dan Olimpiade London 2012 merupakan upaya Negara untuk mengharumkan nama bangsa di bidang olahraga.

Saran :         Mereka harus didukung penuh karena bukan hal yang mustahil mereka lah kelak yang akan mensejahterakan bangsanya. Pemerintah tidak boleh menutup mata dan hanya disibukkan dengan urusan partai politik. Bukankah sangat disayangkan bila keahlian mereka kelak akan dihargai dan dimanfaatkan oleh bangsa lain?

Hal yang dapat mengancam suatu Negara
Kerusakan Lingkungan

Kerusakan Lingkungan adalah deteriosasi lingkungan dengan hilangnya sumber daya alam, ataupun kerusakan ekosistem dan punahnya fauna liar. Jika ini terus berlanjut akan terjadi efek kepunahan ataupun efek rumah kaca.Perubahan siklus hidup flora dan fauna di indonesia akan punah, sebaiknya melakukan reboisasi.

Kemiskinan

Kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi ketidak mampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat berlindung, pendidikan dan kesehatan. Kalau kita sungguh menghayati dan mengamalkan pancasilah, sila kelima dengan jelas mengatakan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Dari segi ideologi dan dasar negara memang kita mendapatkan amanah untuk melaksanakan semua upaya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Peperangan

Perang adalah sebuah aksi fisik maupun non-fisik antara 2 kelompok atau lebih untuk melakukan dominasi di wilayah yang di pertentangkan. Kita harus melakukan gencatan senjata jika sudah terlanjur berperang.

KKN

Perilaku korupsi, kolusi dan nepotisme dapat terjadi karena adanya sebagian orang yang hanya memikirkan kekayaan sesaat, merebaknya paham materialisme, dan meningkatnya hidup hidunisme, lemahnya iman dan kurangnya kesadaran hukum juga menjadi faktor utama terjadinya KKN ini.

Penyalahgunaan Narkoba

Di dalam narkotika terdapat zat-zat adiktif yang membahayaka, ini dapat merusak sistem saraf otak dan merusak sel-sel darah juga. Kebanyakan pemakai adalah remaja dan ini tentu saja dapat merusak harga diri bangsa dan anak bangsa itu sendidri.

Kebodohan

Sampai di mana batas kebodohan kita, sampai di situlah wilayah kekuatan imperium. Untuk melawan kekuatan imperium sama artinya kita harus melawan kebodohan kita sendiri !

1 komentar:

  1. COntoh bentuk tindakan/kegiatan yang mengancam pertahanan dan keutuhan negara serta contoh bentuk upaya bela negara yang dibuat sudah tepat, alasan serta saran yang diberikan juga sudah bagus. Namun seharusnya siswa membuat saran pada upaya bela negara

    BalasHapus

Tiny Hand